Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air

Cara Memperbaiki Mesin Pompa AirSetiap orang akan merasa kebingungan khsusunya para ibu rumah tangga apabila terjadi satu kendala yang menyangkut rutinitas sehari-hari. Air merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus tersedia selama 24 jam, mulai mata terbuka pagi hari sampai mata akan terpejam di malam hari, air pasti selalu di butuhkan.

Bagi kita yang berdomisili di daerah yang belum tersedia layanan air bersih (PDAM), tentunya kita memanfaatkan air bawah tanah (sumur) untuk memenuhi kebutuhan air di rumah tangga kita sehari-hari. Khusus daerah yang sudah memiliki aliran listrik biasanya menggunakan Mesin Pompa Air untuk mengalirkan air dari sumur menuju titik-titik tertentu di setiap rumah.

Dalam menggunakan mesin pompa air biasanya ada sebagian rumah tangga yang membeli barang tersebut langsung siap pakai, artinya mulai dari pembelian alat serta pemasangan instalasi semuanya dikerjakan oleh pihak toko atau jasa pemasangan instalasi air. Nah jika terjadi kendala pada mesin pompa air tersebut, maka dibutuhkan waktu yang lama untuk perbaikannya karena harus menunggu petugas (teknisi) toko atau jasa instalasi air datang ke rumah kita untuk melakukan perbaikan.

Berikut ini informasi cara pemeriksaan dan cara memperbaiki mesin pompa air yang bisa kita lakukan jika terjadi kendala.

Mesin Pompa Air Mati

Jika mesin pompa air kita mati, lakukan pemeriksaan pada stop kotak, steker, maupun pada kabel, pastikan semuanya dalam kondisi terhubung dan tidak ada yang terputus. Jika ada yang putus silakan di sambung kembali, namun jika semuanaya masih bagus (terhubung), maka harus diperbaiki langsung oleh ahli perbaikan mesin pompa air karena kemungkinan besar motor/dinamo mesin pompa air tersebut telah rusak.

Mesin Pompa Air Hidup

Jika mesin pompa air dalam kondisi hidup tetapi air tidak keluar melalui kran, lakukan langkah-langkah pemeriksaan instalasi sbb:
  1. Perhatikan debit air dalam sumur, apabila pipa sudah tidak menyentuh air, lakukan penyambungan pipa tersebut.
  2. Apabila air sumur masih banyak, lakukan pemeriksaan pada klep pada pipa yang berada di dalam sumur, jika terjadi kebocoran segera dilakukan penggantian.
  3. Pastikan semua pipa dalam keadaan baik dan bersih.
  4. Jika klep tidak bocor, pastikan juga bahwa pengikat klep masih dalam keadaan bagus (tidak putus).
  5. Jika semua kebocoran sudah diperbaiki, isi air ke dalam tanki mesin pompa air untuk pemancingan lalu hidupkan mesin pompa air.
  6. Jika mesin pumpa air sudah berhasil diperbaiki, segera mengucap syukur kepada Tuhan karena Tuhan MAHA memberi Petunjuk.

Demikian sekilas informasi cara memperbaiki mesin pompa air yang dikutip dari pengalaman pribadi. Nantikan postingan berikutnya mengenai cara memasang instalasi air yang efektif dengan menggunakan mesin pompa air.


Gambar Datok Aghas Hijaoe Terima kasih sudah membaca “Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air”, jika sahabat sudah selesai membaca informasi ini, sahabat masih bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya di Jambogh Kita. Pastikan sahabat telah menyimpan url (http://www.jamboghkita.com/2012/03/cara-memperbaiki-mesin-pompa-air.html) ini sebelum mendapatkan informasi lainnya melalui kotak penelusuran Jambogh Kita berikut ini :

* Gunakan Browser Google Chrome