Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa

Gambar Pepaya
Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa Dengan Makan Pepaya Yang Cukup - Perubahan waktu makan paling terasa selama bulan puasa. Dari yang mungkin terbiasa makan besar tiga kali sehari, menjadi dua kali sehari saat sahur dan berbuka. Karenanya, demi memenuhi cadangan energi selama puasa, penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh dengan baik selama berbuka puasa hingga jeda menunggu sahur.


Meskipun harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu, puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, misalnya membuang racun dan kotoran dari tubuh, menyeimbangkan kadar asam dan meningkatkan fungsi organ-organ tubuh. 

Untuk memaksimalkan beberapa manfaat puasa terhadap kesehatan kita tersebut, serta untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa, sebaiknya kita juga menambahkan buah pepaya sebagai pelengkap menu kita saat berbuka dan makan sahur.

Buah Pepaya merupakan buah yang berbentuk bulat panjang, ukuran umum yang ditemukan di pasar biasanya rata-rata sekitar 7 inci . Buah ini berwarna orange atau warna kuning bahkan ada juga kombinasi kedua warna tersebut jika sudah matang, jika masih muda warna kulit pepaya masih hijau dan dagingnya berwarna putih.

Buah pepaya memliki rasa yang manis dan terasa lembut saat dimakan. Di dalam rongga bagian dalam buah terdapat banyak biji berwarna hitam, biji bulat terbungkus dalam suatu zat seperti gelatin. Selain memberikan rasa yang lezat dan segar, pepaya juga kaya akan nutrisi antioksidan seperti karbohidrat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium dan serat. Selain itu pepaya juga mengandung kalsium, besi, tiamin, riboflavin, dan niacin. Pepaya juga memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk kita yang sedang melakukan diet.

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada pepaya, membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta kecantikan kita. Untuk kesehatan, pepaya diketahui bisa mencegah kanker, mengurangi resiko penyakit pada pencernaan, menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah, mencegah hipertensi, serta melindungi kita dari penyakit jantung.

Nutrisi yang terdapat dalam pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh kita. Ketika menjadi teroksidasi, kolesterol akan dapat menempel pada dinding pembuluh darah kita yang menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, akhirnya terkena serangan jantung dan stroke.

Dengan menambahkan pepaya sebagai makanan tambahan rutin saat berbuka dan makan sahur, Insya Allah kesehatan kita akan tetap terjaga, berikut ini beberapa manfaat umum buah pepaya yang langsung saya rasakan selama berpuasa.

Beberapa Manfaat Buah Pepaya Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa:
  1. Buah pepaya bisa menjadi detoksifikasi alami, yaitu mengeluarkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pepaya segar dalam jumlah yang cukup, dapat membuat aktivitas buang air besar kita tetap teratur.
  2. Meningkatkan sistem imun/daya tahan tubuh karena pepaya banyak mengandung vitamin A, C, Betakaroten, dan lain-lain. Tubuh kita akan terasa tetap sehat dan segar walaupun tidak makan dan minum pada siang hari.
  3. Sangat bermanfaat bagi kita yang mengalami masalah gangguan pencernaan dan sembelit, Enzim pengurai protein pepaya dapat membantu pencernaan dalam tubuh. Selain membantu pengeluaran dalam saluran usus dan pankreas, pepaya juga mengurangi getah lambung dan mengurai protein serta pati. Setelah mengonsumsi buah pepaya ini, sistem pencernaan tubuh akan semakin baik sehingga penyerapan gizi dari berbagai sumber makananan dapat lebih maksimal.
  4. Pepaya mengandung banyak gizi namun rendah kalori, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan kita agar tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa.
  5. Bagi penderita diabetes, kandungan serat dalam buah pepaya mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah. Walaupun terjadi perubahan waktu jadual makan selama berpuasa , kadar gula dalam darah akan tetap stabil.

Demikianlah tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa ini disharekan di Jambogh Kita, jangan pernah kita meremehkan buah yang dijual murah dan sering dijumpai di pekarangan rumah ini. Sebenarnya tidak hanya buahnya saja, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Diantara fungsi daun pepaya adalah untuk memperlancar asi, obat jerawat, memperlancar pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mengobati demam berdarah, dan juga sebagai anti kanker. Konsumsilah selalu pepaya agar stamina kita tetap fit selama puasa.


Gambar Datok Aghas Hijaoe Terima kasih sudah membaca “Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa”, jika sahabat sudah selesai membaca informasi ini, sahabat masih bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya di Jambogh Kita. Pastikan sahabat telah menyimpan url (http://www.jamboghkita.com/2012/08/menjaga-kesehatan-tubuh-selama-puasa.html) ini sebelum mendapatkan informasi lainnya melalui kotak penelusuran berikut ini :

* Gunakan Browser Google Chrome